Semakin kompetitifnya pasar dan persaingan bisnis sehinggat membuat kelangsungan bisnis tergantung dari adanya perhatian yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan. Saat ini pelanggan tidak hanya menuntut persediaan barang dan jasa yang berkualitas baik dalam arti fisik, tetapi juga mereka menginginkan nilai (value) apa yang dapat diperoleh dan bagaimana cara memperolehnya, mulai dari sebelum penjualan hingga setelah penjualan (after sales service).
Dengan adanya tuntutan tersebut maka diperlukannya pribadi-pribadi yang dapat memberikan pelayanan yang Excellence kepada pelanggan. Dengan menciptakan dan membentuk pribadi-pribadi yang unggul maka perusahaan dapat memberikan nilai yang lebih tinggi barang dan jasa kepada pelanggan, serta dapat memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan yang diinginkan oleh pelanggan.
Saat ini tuntutan pelanggan sudah semakin tinggi, yang bukan hanya menginginkan kebutuhan (need) saja, tetapi sudah menginginkan akan kebutuhan (want) dan harapan (expectation). Untuk memenuhi keinginan tersebut maka perusahaan dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang dapat memberikan rasa puas kepada pelanggan, salah satunya dengan memberikan pelatihan/training service excellence kepada karyawannya, serta jajaran pimpinan dan manajemen perusahaan.
Apa Tujuan dari Pelatihan Service Excellence ?
Tujuan secara umum yaitu membuka wawasan, imajinasi, inspirasi dan membangun motivasi serta komitmen kuat bagi SDM dalam memberikan layanan yang prima bagi institusi/perusahaan dan konsumen.
Tujuan bagi Institusi/Perusahaan adalah kinerja institusi/perusahaan yang semakin optimal dan citra institusi/perusahaan akan semakin meningkat di mata konsumen dan relasi institusi/perusahaan, yang akan berimbas pada peningkatan dan kemajuan institusi/perusahaan.
Sedangkan bagi karyawan tujuan dari training service excellence adalah menambah dan meningkatkan pengetahuan dan wawasan layanan, mampu mengenali kebutuhan pelanggan, mampu mengatasi berbagai situasi yang pelik, mampu bekerja dalam tim, mampu membina hubungan baik antara pelanggan internal dan eksternal dan mampu meningkatkan skill dalam memberikan layanan.
Apa Harapan Setelah diadakannya Pelatihan Service Excellence ?
Meningkatkan sikap antusias dalam pelayanan
Meningkatkan wawasan, pemahaman dan kesadaran yang tinggi terhadap pentingnya pelayanan bagi pelanggan
Memahami dan memiliki kemampuan berkomunikasi secara asertif dan berbicara konstruktif
Mampu melayani dengan empati
Meningkatkan kepekaan rasa terhadap kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggan