Manajemen Improvement merupakan peningkatan dan perbaikan yang berkesinambungan yang mengarah pada kemajuan yang lebih baik dan unggul. Pada dasarnya manajemen improvement/continuous improvement mengacu pada konsep Kaizen di Jepang. Kaizen merupakan istilah dalam bahasa Jepang yang dapat diartikan sebagai perbaiakn terus-menerus atau perbaikan berkelanjutan. Perbaikan secara terus-menerus dan berkesinambungan dimulai dengan pengembangan tim dan harus didukung oleh tim kerja.
Perbaikan terus-menerus atau berbaikan berkesinambungan merupakan salah satu unsur penting dalam TQM. Konsep perbaikan ini diterapkan baik terhadap proses, produk maupun orang yang melaksanakan perbaikan itu sendiri. Tujuan dilakukannya perbikan secara terus-menerus adalah proses yang handal, dalam arti bahwa dapat diproduksi yang diinginkan setiap saat tanpa variasi yang diminimumkan.
Manajemen Improvement dibagi menjadi 2 tahapan yaitu :
Sistem Pengolahan Improvement yang terdiri dari :
Struktur Organisasi
Reward / award
Metodologi QCC / QCP
Konvensi
Metode yang digunakan untuk Improvement yaitu :
QCC / GKM dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan memberikan Training Fasilitator dan Training Leadership/Member
QCP / PKM dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan memberikan Training Fasilitator dan Training Leadership/Member
Sugestion System / Ide Proposal
Dalam melakukan Manajemen Improvement yang harus dilakukan yaitu yaitu :
Pelatihan QCC
Pelatihan Pembuatan Materi QCC
Pelatihan Juri Improvement
Pendampingan persiapan materi QCC Konvensi
Pendampingan Persiapan materi QCC Nasional
Pelatihan Fasilitator Improvement
CDi Consulting sebagai konsultan akan membantu dalam memberikan pelatihan QCC, pelatihan pembutan materi, pendampingan hingga pelatihan fasilitator improvement.